pengetahuan pentingnya menjaga gigi dan mulut

         

                                              kegunaan garam untuk gigi    

                                   Ketahui 5 Jenis Garam dan Manfaatnya untuk Kesehatan    

1. meringankan gejala sariawan 

2. menjaga kesehatan gigi dan gusi


                                        Pentingnya menjaga kesehatan gigi 

   gigi adalah suatu struktur berklasifikasi dan keras yang terdapat didalam mulut manusia dan fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek,dan mengunyah makanan. Kesehatan gigi sangatlah penting, karena gigi yang rusak dan tidak di rawat akan  menyebabkan  rasa sakit,gangguan pengunyahan, dan dapat mngganggu kesehatan  tubuh lainnya.

  Mulut merupakan  tempak pertama yang dimasuki makanan apabila tidak dibersikan dengan sempurna, sisa makanan yang terselip pada gigi bersama bakteri bertambah banyak, dan akan menimbulkan terjadinya plak. Yaitu lapisan lengkep, tipis dan  tidak bewarna, lapisan ini apabila semakin menumpuk akan dapat merusak gigi. untuk menjaga kesehatan gigi dapat dilakukan  seperti menyikat gigi teratur denga baik dan benar, kurangi konsumsi makanan kariogenik, perbanyak makanan berserat, dan berkunjung kedokter gigisetiap 6 bulan sekali.

akibat seseorang tidak menjaga  kesehatan gigi

1. gigi belubang

2. bau tidak sedap ( bau mulut )

3. peradangan pada gusi

4. gigi menjadi sensitive

5. sariawan

6. gigi kuning

7. gigi goyang

8. karang gigi dll.


      Beberapa penelitian menyatakan bahwa gangguan penyakit gigi di atas,ada hubungannya dengan penyakit tubuh lainnya. Berikut adalah penyakit sistemik yang berkaitan dengan penyakit gigi: jantung, stroke, diabetes, berak bayi lahir rendah ( BBLH ) bagi wanita hamil, infeksi pernapasan, osteoporosis, serta system imun. Salah satu penelitian di amerika serikat dengan responden 9,760 orang, menyimpulkan vahwa  seorang dengan keadaan  periodontitis ( peradangan pada jaringan penyangga gigi ) memiliki resiko menderita penyakit jantung coroner 25% di bandingkan dengan responden penderita penyakit periodontal ringan ( penyakit gusi ).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi tentang kesehatan gigi